SEJARAH SINGKAT ANIME HUNTER X HUNTER

Hunter X Hunter atau biasa di singkat dengan HxH ini merupakan sebuah seria manga shonen Jepang yang ditulis dan di ilustrasikan oleh Yoshihiro Togashi. Awal manga ini di buat dalah majalah  Weekly Shonen Jump pada tanggal 16 Maret 1998, meskipun beberapa kali mengalami hiatus yang berkepanjangan sejak tahun 2006. Sampai bulan Oktober 2018, 380 bab sudah di buat menjadi 36 volume oleh Shueisha.

Cerita ini berfokus pada seorang bocah laki – laki yang bernama Gon Freecs, dia mengetahui bahwa ayah nya yang sudah meninggalkan nya saat dia masih kecil, adalah seorang hunter yang sangat terkenal di dunia. Profesi yang berlisensi bagi mereka yang berspesialisasi dalam tetapi tidak terbatas pada pencarian yang tidak layak menemukan spesies hewan langka atau yang tidak diketahui, berburu harta karun, berkunjung ke wilayah – wilayah yang masih belum eprnah dikunjungi atau memburu individu yang melanggar hukum.

Meskipun dia di tinggalkan oleh sang ayah, Gon pergi untuk mengikuti jejak ayah nya, dia mengikuti ujian Hunter yang sangat ketat hingga pada akhir nya dia menemukan ayah nya. Di sepanjang perjalanan, Gon bertemu dengan para hunter lain nya. Termasuk bertemu dengan para karakter utama seperti Kurapika, Leorio, dan Killua hingga bertemu paranormal.

Inspirasi yang di ambil untuk mangat di berasal dari sebuh hobi Togashi yang  senang mengkoleksi. Pada tahun 1999, Hunter x Hunter di angkat menjadi serial anime yang memiliki 62 episode, di produksi oleh Nippon Animation dan di sutradarai oleh Kazuhiro Furuhashi. Anime ini pertama kali di tayangkan di Jepang pada saluran Fuji TV dan berjalan tayang sampai tahun 2001. Tiga animasih video asli yang terpisah berjumlah 30 episode, lalu di produksi kembali oleh Nippon Animation dan di tayang di Jepang pada tahun 2002 sampai tahun 2004.

Seri anime kedua yang diproduksi oleh Madhouse di tayangkan di Nippon Television pada bulan Oktober 2011 sampai September 2014 episode nya sejumlah 148, bersama dengan dua film animasi yang di luncurkan pada tahun 2013. Beberapa album audio, permainan video, musikal dan emdia larin nya yang berbasis dari Hunter x Hunter juga di luncurkan. Manga nya sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dan di luncurkan di Amerika Serikat oleh Viz media sejak bulan April 2005.

Alur cerita yang diberikan oleh anime Hunter x Hunter ini hampir sama dengan cerita yang ada di manga, tetapi memiliki penyajian cerita yang sedikit berbeda dengan alur cerita pada manga. Untuk adaptasi anime nya sendiri yang di produksi  oleh Studio Nippon Animation dan Viz Media dan siaran di Fuji TV pada tangga; 16 Oktober 1999 hingga 31 Maret 2001 dengan total episode yang mencapai 62episode.

Pada tahun 2011, Hunter x Hunter pun di angkat kembali menjadi sebuh anime oleh Madhouse dan VAP yang di rilis di Nippon Television Network Corporation pada tanggal 2 Oktober 2011 hingga 24 September 2014 yang memiliki jumlah episode sebanyak 148. Di Indonesia sendiri, anime Hunter x Hunter ini hanya di tayangkan pada versi pertama nya saja yaitu pada tahun 1999, dan hanya tayang di Indonesia dengan siaran awal di TV7 yang sekarang sudah berubah menjadi Trans 7 dan di tayangkan kemabli oleh Spacetoon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *